Jumat, 27 Desember 2019

Laprak Modul 7: GRAPHICAL USER INTERFACE (1)


LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 7
Graphical User Interface (1)



DOSEN PENGAMPU:
DEDE IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA SUHAEFI
20180910003
SISTEM INFORMASI 2018 A

FAKULTAS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayang-Nya memberikan pengetahuan, kemampuan dan kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah praktikum bahasa pemrograman 1 modul 7.
Penyusun menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan kekurangan-kekurangan karena keterbatasan kemampuan penyusun, untuk itu masukan yang bersifat membangun akan sangat membantu penyusun untuk semakin membenahi kekurangannya.
Ucapan terima kasih tidak lupa saya  haturkan kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan, M.Kom , semoga makalah  ini dapat berguna sebagai karya dari kita dan untuk semua. Amiin….



Penyusun 

Kuningan, 26 Desember 2019




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
1.2    Rumusan Masalah
1.3    Tujuan Penulisan

BAB 2 ISI

2.1   Pengertian GUI
2.2   Jenis-Jenis GUI
2.3   Hasil Praktikum dan Analisis
2.4   Latihan / Post Test
2.5   Tugas


KESIMPULAN
                     
DAFTAR PUSTAKA





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
GUI atau kepanjangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Pengguna GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.
 Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Java GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada java adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar.
Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya yaitu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user.

1.2         Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan GUI?
2.      Apa saja jenis-jenis GUI?
3.      Bagaimana hasil dari praktikum dan analisisnya ?
4.      Bagaimana program dari latihan / pos test ?

1.3         Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini agar mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman GUI, serta mampu membuat contoh sederhananya.



BAB 2
ISI

2.1 Pengertian GUI

Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
Komponen-komponen tersebut bisa berupa tombol,gambar, dll. Tujuannya adalah memudahkan user dalam menggunakan program tersebut.
Jika dilihat pengertian GUI secara umum adalah interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada system operasi Microsoft Windows.

2.2 Jenis-Jenis GUI

2.2.1 AWT (Abstract Window Toolkit)
AWT atau Abstract Window Toolkit adalah GUI toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java. Namun, AWT ini memiliki kekurangan pada komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dekstop secara lengkap (komponen table saja tidak ada).
Terlepas dari kurangnya komponen GUI yang terdapat pada AWT, aplikasi yang dibangun menggunakan AWT akan tampak seperti aplikasi native. Maksudnya, jika aplikasi yang dibangun menggunakan AWT ini dijalankan pada System Operasi Windows, maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi windows pada umumnya, dan begitu juga jika dijalankan pada Sistem Operasi Mac ataupun GNU/Linux. Hal ini bisa terjadi, karena AWT ini benar-benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponennya ke layar.
2.2.2 SWT (Standart Widget Toolkit)
SWT atau Standart Widget Toolkit adalah GUI Toolkit yang dikeluarkan IBM sebagai alternative dari AWT/Java Swing milik Sun Microsystem. SWT terdapat pada package java.swt. Package java.swt berbasis komponen-komponen GUI yang berisi platform system operasi.
Tampilan dari java.swt menyesuaikan dengan system operasi sehingga mengakibatkan depedensi system. Namun performa dari SWT ini sama dengan Swing. Yang membedakan antara SWT dan AWT/Java Swing adalah SWT ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi melalui JNI (Java Native Interface).
2.2.3 SWING
Java Swing adalah library java yang digunakan untuk menciptakan GUI. Dengan Java Swing kita dapat membuat user interface yang cross platform atau OS Independent. Artinya user interface yang kita buat dapat dijalankan pada system operasi apa saja (OS yang support java) dengan tampilan yang relative sama. Bahkan kita dapat membuat user interface yang menyerupai Windows XP, Mac OS atau Linux tanpa bergantung dari OS yang kita gunakan.
Swing adalah alternative untuk mengimplementasikan pemrograman windows. Walaupun implementasinya berdasarkan kelas AWT tetapi Swing tidak menggunakan komponen-komponen AWT, sehingga tampilan komponen-komponen Swing tidak bergantung pada system Windows Local.
Komponen merupakan puncak hierarki dalam AWT, dimana yang digunakan antara lain kelas Frame dan Panel. Pada swing puncak hierarkinya adalah komponen Kelas, inilah yang menjadi superkelas bagi sejumlah kelas, misalnya Jcombobox, Jlabel, Jlist, dan Jpanel.

2.3 Praktikum dan Analisis

2.8.1 Latihan_01
Buat project baru dengan nama Modul_07, tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_01.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut:
Program:
import javax.swing.*; /*mengimpor class paket berisi kelas-kelas dan interface untuk komponen GUI Swing Java yang menyediakan dukungan untuk tampilan grafis yang portable*/

import java.awt.event.*; /*mengimpor class untuk perancangan user interface dengan event*/

public class Latihan_01 extends JFrame implements ActionListener { /*nama kelas*/

    //membuat label
    JLabel label1 = new JLabel();
    JLabel label2 = new JLabel();
    JLabel label3 = new JLabel();
     //membuat textfield
    JTextField text1 = new JTextField();
    JTextField text2 = new JTextField();
    JTextField text3 = new JTextField();
//membuat button
    JButton button1 = new JButton();

  //deklarasi method CiptakanJFrame
   public void CiptakanJFrame(){
        setLayout(null); //mengatur tampilan layout
        setTitle("Identitas"); //memberikan judul frame
        setVisible(true); //menampilkan objek frame
        setSize (300, 150); //mengatur ukuran panjang dan lebar frame
  
    setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); /*menutup frame apabila menekan tombol closse*/
    }
  
//deklarasi method CiptakanJLabel
    public void CiptakanJLabel(){
     //mengatur tampilan label
        label1.setText("NIM");
        label1.setBounds(10,10,250,20);
        add (label1);
        label2.setText("NAMA");
        label2.setBounds(10,30,250,20);
        add (label2);
        label3.setText("PROGRAM STUDI");
        label3.setBounds(10,50,250,20);
        add (label3);
    }

   //deklarasi method CiptakanJTextField
    public void CiptakanJTextField(){
//mengatur tampilan textfield
        text1.setBounds(120,10,160,20);
        add(text1);
        text2.setBounds(120,30,160,20);
        add(text2);
        text3.setBounds(120,50,160,20);
        add(text3);
    }
  
//deklarasi method CiptakanJButton
    public void CiptakanJButton(){
//mengatur tampilan button
        button1.setText("Tampilkan");
        button1.setBounds(120,80,95,20);
        button1.addActionListener(this);
        add(button1);
    }
    @Override
//output
    public void actionPerformed(ActionEvent e){
        text1.setText("20180910003");
        text2.setText("Faradila Suhaefi");
        text3.setText("Sistem Informasi");
    }
//main method
    public static void main(String[] args) {
        Latihan_01 f1 = new Latihan_01();
        f1.CiptakanJFrame();
        f1.CiptakanJLabel();
        f1.CiptakanJTextField();
        f1.CiptakanJButton();
    }
}

Output:

Analisis:
Program Latihan_01 merupakan program untuk membuat tampilan interface identitas. Dari hasil output di atas user menginputkan NIM : 20180910003, NAMA: Faradila Suhaefi, PROGRAM STUDI: Sistem Informasi.

2.4 Post Test

 Buat program kalkulator dengan tampilan seperti gambar berikut:

Program:
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
import java.text.DecimalFormat;

public class posttest extends JFrame implements ActionListener{

    JLabel label1 = new JLabel();
    JLabel label2 = new JLabel();
    JLabel label3 = new JLabel();
  
    JTextArea text1 = new JTextArea();
  
    JButton button1 = new JButton();
    JButton button2 = new JButton();
    JButton button3 = new JButton();
    JButton button4 = new JButton();
    JButton button5 = new JButton();
    JButton button6 = new JButton();
    JButton button7 = new JButton();
    JButton button8 = new JButton();
    JButton button9 = new JButton();
    JButton button0 = new JButton();
  
    JButton buttonMC = new JButton();
    JButton buttonMR = new JButton();
    JButton buttonMS = new JButton();
    JButton buttonMplus = new JButton();
    JButton buttonMmin = new JButton();
    JButton buttonbs = new JButton();
    JButton buttonCE = new JButton();
    JButton buttonC = new JButton();
    JButton buttonPM = new JButton();
    JButton buttonakar = new JButton();
  
    JButton buttonBagi = new JButton();
    JButton buttonPersen = new JButton();
    JButton buttonKali = new JButton();
    JButton button1x = new JButton();
    JButton buttonKurang = new JButton();
    JButton buttonTambah = new JButton();
    JButton buttonSamadengan = new JButton();
    JButton buttonKoma = new JButton();
  
    DecimalFormat koma = new DecimalFormat ("#.##");
    double bil1, bil2, hasil, n;
    int tambah=0, kurang=0, bagi=0, kali=0, persen=0, akar=0;
    public void CiptakanJFrame(){
        setLayout (null);
        setTitle("Calculator");
        setVisible(true);
        setSize(365,310);
      
        setDefaultCloseOperation (JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setResizable (false);
        setLocationRelativeTo(null);
    }
  
    public void CiptakanJLabel(){
        label1.setText("View");
        label1.setBounds(10,10,40,20);
        add(label1);
      
        label2.setText("Edit");
        label2.setBounds(50,10,40,20);
        add(label2);
      
        label3.setText("Help");
        label3.setBounds(90,10,250,20);
        add(label3);             
    }
    public void CiptakanJTextField(){
        text1.setBounds (10, 30, 340, 60);
        add(text1);

/*      text2.setBounds (120,30,160,20);
        add(text2);

        text3.setBounds (120,50,160,20);
        add(text3);
    }
*/
    }
    public void CiptakanJButton(){
        buttonMC.setText(" MC ");
        buttonMC.setBounds (10, 100, 58, 22);
        buttonMC.addActionListener(this);
        add(buttonMC);
      
        buttonMR.setText(" MR ");
        buttonMR.setBounds (80, 100, 58, 22);
        buttonMR.addActionListener(this);
        add(buttonMR);
      
        buttonMS.setText(" MS ");
        buttonMS.setBounds (150, 100, 58, 22);
        buttonMS.addActionListener(this);
        add(buttonMS);
         
        buttonMplus.setText(" M+ ");
        buttonMplus.setBounds (220, 100, 58, 22);
        buttonMplus.addActionListener(this);
        add(buttonMplus);
      
        buttonMmin.setText(" M- ");
        buttonMmin.setBounds (290, 100, 55, 22);
        buttonMmin.addActionListener(this);
        add(buttonMmin);
      
        buttonbs.setText(" ← ");
        buttonbs.setBounds (10, 130, 55, 22);
        buttonbs.addActionListener(this);
        add(buttonbs);
       
        buttonCE.setText(" CE ");
        buttonCE.setBounds (80, 130, 55, 22);
        buttonCE.addActionListener(this);
        add(buttonCE);
      
        buttonC.setText(" C ");
        buttonC.setBounds (150, 130, 55, 22);
        buttonC.addActionListener(this);
        add(buttonC);
      
        buttonPM.setText(" ± ");
        buttonPM.setBounds (220, 130, 55, 22);
        buttonPM.addActionListener(this);
        add(buttonPM);
      
        buttonakar.setText(" √ ");
        buttonakar.setBounds (290, 130, 55, 22);
        buttonakar.addActionListener(this);
        add(buttonakar);
      
        button7.setText(" 7 ");
        button7.setBounds (10, 160, 55, 22);
        button7.addActionListener(this);
        add(button7);
      
        button8.setText(" 8 ");
        button8.setBounds (80, 160, 55, 22);
        button8.addActionListener(this);
        add(button8);
      
        button9.setText(" 9 ");
        button9.setBounds (150, 160, 55, 22);
        button9.addActionListener(this);
        add(button9);
      
        buttonBagi.setText(" / ");
        buttonBagi.setBounds (220, 160, 55, 22);
        buttonBagi.addActionListener(this);
        add(buttonBagi);
      
        buttonPersen.setText(" % ");
        buttonPersen.setBounds (290, 160, 55, 22);
        buttonPersen.addActionListener(this);
        add(buttonPersen);
      
        button4.setText(" 4 ");
        button4.setBounds (10, 190, 55, 22);
        button4.addActionListener(this);
        add(button4);
      
        button5.setText(" 5 ");
        button5.setBounds (80, 190, 55, 22);
        button5.addActionListener(this);
        add(button5);
      
        button6.setText(" 6 ");
        button6.setBounds (150, 190, 55, 22);
        button6.addActionListener(this);
        add(button6);
      
        buttonKali.setText(" * ");
        buttonKali.setBounds (220, 190, 55, 22);
        buttonKali.addActionListener(this);
        add(buttonKali);
      
        button1x.setText(" 1/x ");
        button1x.setBounds (290, 190, 58, 22);
        button1x.addActionListener(this);
        add(button1x);
      
        button1.setText(" 1 ");
        button1.setBounds (10, 220, 55, 22);
        button1.addActionListener(this);
        add(button1);
      
        button2.setText(" 2 ");
        button2.setBounds (80, 220, 55, 22);
        button2.addActionListener(this);
        add(button2);
      
        button3.setText(" 3 ");
        button3.setBounds (150, 220, 55, 22);
        button3.addActionListener(this);
        add(button3);
      
        buttonKurang.setText(" - ");
        buttonKurang.setBounds (220, 220, 55, 22);
        buttonKurang.addActionListener(this);
        add(buttonKurang);
      
        buttonSamadengan.setText(" = ");
        buttonSamadengan.setBounds (290, 220, 55, 50);
        buttonSamadengan.addActionListener(this);
        add(buttonSamadengan);
      
        button0.setText(" 0 ");
        button0.setBounds (10, 250, 130, 22);
        button0.addActionListener(this);
        add(button0);
      
        buttonKoma.setText(" . ");
        buttonKoma.setBounds (150, 250, 55, 22);
        buttonKoma.addActionListener(this);
        add(buttonKoma);
      
        buttonTambah.setText(" + ");
        buttonTambah.setBounds (220, 250, 55, 22);
        buttonTambah.addActionListener(this);
        add(buttonTambah);
      
    }
  
    @Override
    public void actionPerformed(ActionEvent e) {
        Object source = e.getSource();
        if(source == button1){
            text1.append("1");
        }
        if(source == button2){
            text1.append("2");
        }
        if(source == button3){
            text1.append("3");
        }
        if(source == button4){
            text1.append("4");
        }
        if(source == button5){
            text1.append("5");
        }
        if(source == button6){
            text1.append("6");
        }
        if(source == button7){
            text1.append("7");
        }
        if(source == button8){
            text1.append("8");
        }
        if(source == button9){
            text1.append("9");
        }
        if(source == button0){
            text1.append("0");
        }
        if(source == buttonKoma){
            bil1 = numberReader();
            String x = koma.format(bil1).replace(',','.') ;
            bil1 = Float.parseFloat(x);
            text1.setText(bil1+"");
           
        }
        if(source == buttonMS){
            bil1 = numberReader();
            hasil = bil1;
            text1.setText(String.valueOf(hasil+""));
        }
        if(source == buttonTambah){
            bil1 = numberReader();
            text1.setText("");
            tambah = 1;
            kali = 0;
            bagi = 0;
            kurang = 0;
            akar = 0;
        }
        if(source == buttonKali){
            bil1 = numberReader();
            text1.setText("");
            tambah = 0;
            kali = 1;
            bagi = 0;
            kurang = 0;
            akar = 0;
        }
        if(source == buttonKurang){
            bil1 = numberReader();
            text1.setText("");
            kurang = 1;
            tambah = 0;
            kali = 0;
            bagi = 0;
            akar = 0;
        }
        if(source == buttonBagi){
            bil1 = numberReader();
            text1.setText("");
            bagi = 1;
            tambah =0;
            kali = 0;
            kurang = 0;
            akar = 0;
        }
        if(source == buttonPersen){
            bil1 = numberReader();
            hasil = bil1 / 100;
            text1.setText(String.valueOf(hasil));
            persen = 1;
        }
        if(source == buttonakar){
            bil1 = numberReader();
            text1.setText("");
            bagi = 0;
            tambah = 0;
            kali = 0;
            kurang = 0;
            akar = 1;
        }
        if(source == buttonPM){
           bil1 = numberReader();
           hasil = bil1 - (bil1*2);        
           text1.setText(String.valueOf(hasil));
        }
        if(source == buttonMC){
            bil1 = 0.0;
            bil2 = 0.0;
            hasil = 0.0;
            text1.setText("");
        }
        if(source == buttonCE){
            bil1 = 0.0;
            text1.setText("");
        }
        if(source == buttonC){
        bil1= 0.0;
            bil2= 0.0;
            text1.setText("");
        }
        if(source == buttonMR){
            text1.setText(hasil+"");
        }
        if(source == buttonMplus){
            bil1 = numberReader();
            hasil += bil1;
            text1.setText("");
        }
        if(source == buttonMmin){
            bil1 = numberReader();
            hasil -= bil1;
            text1.setText("");
        }
        if(source == button1x){
            bil1 = numberReader();
            hasil = 1 / bil1;
            text1.setText(String.valueOf(hasil));
        }     
        if(source == buttonbs){
            String backspace = null;
          
            if(text1.getText().length() > 0){
                StringBuilder strB = new StringBuilder(text1.getText());
                strB.deleteCharAt(text1.getText().length() - 1);
                backspace = strB.toString();
                text1.setText(backspace);
            }
        }
        if(source == buttonSamadengan){
            if(tambah>0){
                bil2 = numberReader();
                hasil = bil1 + bil2;             
                text1.setText(String.valueOf(hasil));              
            }
             if(kurang>0){
                bil2 = numberReader();
                hasil = bil1 - bil2;              
                text1.setText(String.valueOf(hasil));  
            }
            if(kali>0){
                bil2 = numberReader();
                hasil = bil1 * bil2;
                text1.setText(hasil+"");
                text1.setText(String.valueOf(hasil));               
            }
            if(bagi>0){
                bil2 = numberReader();
                hasil = bil1 / bil2;
                text1.setText(hasil+"");
                text1.setText(String.valueOf(hasil));              
            }
            if(akar>0){
                bil2 = numberReader();
                hasil = Math.sqrt(bil1);
                text1.setText(String.valueOf(hasil));
            }
        }
    }
  
    public double numberReader(){
        double bil1;
        String n;
        n = text1.getText();
        bil1 = Double.valueOf(n);
        return bil1;     
    }
    public static void main (String[] args) {
        posttest f1 = new posttest();
        f1.CiptakanJFrame();
        f1.CiptakanJLabel();
        f1.CiptakanJTextField();
        f1.CiptakanJButton();
    }  
}                     

Output:
9 + 27 = 35



2.5 Tugas

Program:
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;

public class pdam_project extends JFrame implements ActionListener {  
    JLabel L1 = new JLabel();
    JLabel L2 = new JLabel ();
    JLabel L3 = new JLabel ();
    JLabel L4 = new JLabel ();
    JTextField T1 = new JTextField ();
    JTextField T2 = new JTextField ();
    JTextField T3 = new JTextField ();
    JTextField T4 = new JTextField ();
    JButton B1 = new JButton ("Hitung");
    JButton B2 = new JButton ("Save");
    JButton B3 = new JButton ("<");
    JButton B4 = new JButton (">");
     public pdam_project() {
        L1.setText("No Sambungan    :");
        L1.setBounds(10, 10, 105, 25);
        add(L1);
        T1.setBounds(115, 10, 135, 25);
        add(T1);
        L2.setText("Nama Pelanggan :");
        L2.setBounds(10, 45, 130, 25);
        add(L2);
        T2.setBounds(115, 45, 135, 25);
        add(T2);
        L3.setText("Pemakaian           :");
        L3.setBounds(10, 80, 100, 25);
        add(L3);
        T3.setBounds(115, 80, 135, 25);
        add(T3);
        L4.setText("Harga                     :");
        L4.setBounds(10, 115, 105, 25);
        add(L4);
        T4.setBounds(115, 115, 135, 25);
        add(T4);
        B1.setBounds(200, 170, 70 , 25);
        add(B1);
        B1.addActionListener(this);
        setLayout(null);
        setSize (300, 300);
        setVisible (true);
        setLocationRelativeTo(null);
        setTitle("PDAM - Faradila");
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }                 
    public static void main(String [] args) {
        new pdam_project();
    } 

    @Override
    public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    
    int airjumlah;
    int a;
    int b;
    int c;
    int d;
    int biaya=0;
        airjumlah=Integer.parseInt(T3.getText());
        a=10;
        b=0;
        c=0;
        d=0;
       
        if (airjumlah <= 10) {
            biaya = airjumlah * 2000;
        }
        else if (airjumlah <=20) {
            biaya = (airjumlah-10) * 3000 + 20000 ;
        }
        else if (airjumlah <=30) {
            biaya = (airjumlah-20) * 4000 + 50000;
       }
        else if (airjumlah >30) {
           biaya = (airjumlah-30) * 5000 + 90000 ;
       }
        T4.setText(String.valueOf(biaya)); 
    }
   
   
    }

Output:



KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa :
·        Pengertian GUI secara umum adalah interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik.
·         Ada tiga macam GUI yaitu : AWT, SWT, dan Swing



DAFTAR PUSTAKA
Buku Modul Bahasa Pemrograman 1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar