Selasa, 29 Oktober 2019

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 (Modul 1)


LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 1
“Pengenalan Java”



DOSEN PENGAMPU:
DEDE IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA SUHAEFI
20180910003
SISTEM INFORMASI 2018 A


FAKULTAS KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019


 

KATA PENGANTAR

                     Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayangNya memberikan pengetahuan, kemampuan dan kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah bahasa pemrograman 1.
                     Penyusun menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan kekurangan-kekurangan karena keterbatasan kemampuan penyusun, untuk itu masukan yang bersifat membangun akan sangat membantu penyusun untuk semakin membenahi kekurangannya.
                     Ucapan terima kasih tidak lupa saya  haturkan kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan,M.Kom. Semoga makalah  ini dapat berguna sebagai karya untuk semua. Amiin….






Kuningan, 29 Oktober 2019

Penyusun






DAFTAR ISI

Halaman judul

Kata pengantar

Daftar isi

LANDASAN TEORI
1.    Pengertian java
2.    Sejarah perkembangan java
3.    Kelebihan java
4.    Kekurangan java

PEMBAHASAN PRAKTIKUM
1.    Pre Test
2.    Praktikum
3.    Post Test           
          
DAFTAR PUSTAKA










BAB 1
LANDASAN TEORI
1.                   Pengertian
                     Java merupakan salah satu bahasa pemrograman untuk memprogram sebuah komputer. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun”.

2.              Sejarah Perkembangan Java
                     Pada awalnya bahasa  pemrograman Java lahir dari suatu Proyek Bernama “Green”  atau disebut The Green Project.  Proyek tersebut telah berjalan sekitar 18 bulan dari awal tahun 1991 hingga 1992.  Proyek ini dimotori oleh empat orang yang bernama Pattrick Naughton , Mike Sheridan , James Gosling dan Bill Joy.  Keempat orang ini memimpin dan memotori omputer pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Hasil dari The Green Project ini adalah omput bernama Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan Proyek ini dilakukan di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road yang berada di Menlo Park. Pada sekitar musim panas 1992 , proyek ini akhirnya ditutup dan menghasilkan suatu program Java Oak pertama yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (Touch Screen) seperti perangkat kita saat ini. Teknologi tersebut diberi nama “*7” ( dibaca : Star Seven).

Setelah era “*7” selesai , ada sebuah anak perusahaan dari TV kabel yang menarik beberapa orang dari The Green Project untuk membuat suatu perusahaan baru. Perusahaan ini memusatkan kegiatannya pada sebuah kantor yang beralamat di 100 Hamilton Avenue , Palo Alto.
Seiring berjalannya waktu , perusahaan ini berkembang dan bertambah maju. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah karyawan secara signifikan , dari yang berjumlah hanya 13 orang menjadi 70 orang.   Kebetulan pada era ini teknologi internet sudah omp digunakan sebagai sarana untuk menjembatani kerja dan ide yang ada pada mereka. Pada era 1990an ini , teknologi internet masih dibilang sebuah rintisan yang hanya dipakai di kalangan akademisi dan militer.
Pada saat ini mereka menjadikan browser Moscaic sebagai suatu landasan awal untuk  aplikasi browser pertama yang diberi nama Web Runner. Nama Web Runner sendiri terinspirasi dari film Blade Runner yang muncul pada tahun 1980an.  Setelah berkembang , aplikasi tersebut dirilis dan berganti nama  menjadi Hot Java.
Pada bulan Maret di tahun 1995 dibukalah kode sumber Java ( Source Code) versi 1.0a2 . Source Code yang mereka buat menjadi sukses pada tahun tersebut dan dapat terlihat setelah muncul pemberitaan di media untuk pertama kalinya di ompu San Jose Mercury new pada edisi 23 Mei 1995.   Namun terjadi perpecahan di tubuh perusahaan ini dan tiga orang dari pimpinan proyek tersebut seperti Eric Schmidt , George Paolini (Sun Microsystems) dan Marc Adreessen ( Sun Microsystems) membentuk perusahaan baru yang bernama NetScape.
Nama OAK pada Java diambil dari suatu pohon OAK yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja James Gosling . Nama OAK ini sendiri tidak digunakan untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah memakai nama tersebut sebagai merek dagang mereka . Oleh Karena           itu James Gosling mengubah nama OAK menjadi Java. Kenapa Java, hal ini dikarenakan Gosling gemar meminum kopi murni yang langsung dibuat dari kopi tubruk.
VERSI AWAL JAVA

Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
  • java.lang : Digunakan untuk kelas elemen dasar pada java.
  • java.io : Digunakan untuk kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  • java.util : Digunakan sebagai kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas-kelas penanggalan.
  • java.net : Digunakan pada kelas TCP/IP, yang memungkinkan adanya komunikasi antara satu omputer dengan yang lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt : Digunakan sebagai kelas dasar untuk aplikasi dengan Graphic User Interface (GUI)
  • java.applet : Digunakan sebagai kelas dasar untuk eplikasi Java berbasis Website

3.     Kelebihan Bahasa Java

  • Multiplatform. Artinya dapat dijalankan di beberapa plafrorm / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsp java yaitu “tulis sekali, jalankan dimana saja”.

  • OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek), Java merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan konsep OOP. Dimana program yang dibangun berorientasikan kepada Object. Aplikasi yang dibangun dengan konsep OOP terdiri atas object-object yang saling berhubungan

  • Perlengkapan kelas yang lengkap. Java terkenal dengan kelengkapan library perpustakaan (kumpulan program-program yang disertakan dalam permrograman java), yang memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.

  • Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java.

  • Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

4.       Kekurangan Bahasa Java

  • Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

  • Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahan tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft.NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.




BAB 2
PEMBAHASAN PRAKTIKUM
1      1. PRE TEST
1.      Apa yang anda ketahui tentang java dan Netbeans?
Jawab: Java adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat suatu program sehingga program tersbut dapat dijalankan di berbagai kmputer termasuk telepon genggam. Java juga bisa dikatakan sebagai teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Netbeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam  bahasa pemrograman Java. Netbeans juga dapat dikatakan sebagai sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing (teknologi java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan diberbagai platform).
2.      Apa keunggulan dan kelemahan java?
Jawab: Keunggulan:
·       Multiplatform. Artinya dapat dijalankan di beberapa plafrorm / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsp java yaitu “tulis sekali, jalankan dimana saja”.
·       OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek), Java merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan konsep OOP. Dimana program yang dibangun berorientasikan kepada Object. Aplikasi yang dibangun dengan konsep OOP terdiri atas object-object yang saling berhubungan
·       Perlengkapan kelas yang lengkap. Java terkenal dengan kelengkapan library perpustakaan (kumpulan program-program yang disertakan dalam permrograman java), yang memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
·       Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java.
·       Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
Kelemahan:
·       Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
·       Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahan tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft.NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
·       Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.





3.      Tuliskan struktur dari program aplikasi java dan buatkan contohnya!
Jawab: Struktur program java secara umum dibagi menjadi 4 bagian, yaitu: Deklarasi package, impor library, bagian class, dan method main. Contohnya:
package com.petanikode.program; // deklarasi package
import java.io.file // impor library
class Program{ // bagian class
public static void main(String[]args){ // method main
    System.out.println(“Hello, Selamat belajar Java”); }
}


2      2. PRAKTIKUM
1.      Latihan 1
1) Buka aplikasi Netbeans, lalu klik menu File -> New Project atau tekan tombol Ctrl+Shift+N pada keyboard

1.  Pada bagian Catagories pada kotak dialog New Project pilih Java dan pada bagian Project pilih Java Application. Setelah itu klik tombol Next

2.  Pada kotak dialog New Java Application, hilangkan tanda ceklis pada Create Main Class. Kemudian beri nama Modul_01 pada bagian project name dan pada project location isi dengan lokasi dimana kita akan menyimpan projek yang dibuat.

3.  Klik kanan pada project Modul_01 di jendela project, kemudian klik menu New->Java Class

4.  Setelah muncul wizard New Java Class, beri nama Latihan_01, setelah itu klik tombol finish

5.  Kemudian tulis kode program dan analisis hasilnya

                                       
2.      Latihan 2
1)      Buat file Java Class baru pada projek yang sudah dibuat, beri nama Latihan_02
2)      Tulis kode program dan analisis hasilnya

                                                 

                                     
            
                         Hasil output dari kode program Latihan_02 merupakan kotak dialog yang di dalamnya terdapat pesan atau informasi. Hal ini bisa terjadi karena dalam kode program Latihan_02 memakai JoptionPane dan showMessageDialog.

3.      Latihan 3
1)     Buat file java class baru pada projek yang sudah dibuat di atas, beri nama Latihan_03
2)     Lengkapi kode program sampai jadi seperti berikut:



Analisis:
·         Import, merupakan perintah untuk memasukan suatu method atau perintah dalam bahasa pemrograman java sehingga perintah tersebut dapat digunakan.
·         BufferedReader, merupakan sebuah variabel dalam aplikasi java. Fungsinya untuk membaca sebuah variabel yang diinputkan pada sebuah program.
·         Exception, untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan.
·         InputStreamReader, berfungsi untuk memasukan sebuah data pada program

4.      Latihan 4
1)      Buat file Java Class baru pada projek yang sudah dibuat di atas, beri nama Latihan_04
2)      Lengkapi kode programnya sampai jadi seperti berikut:

3)      Jalankan program yang telah dibuat dan amati hasilnya


Namun jika kita mengikuti langkah-langkah sesuai dengan modul praktikum, maka hasil runningnya akan error. Hal ini terjadi karena nama kelas yang tidak sama (yaitu nama kelas yang disimpan dan nama kelas yang diketik di dalam program).



4)      Program yang telah dirubah
    
Pada program di atas, saya mengubah nama kelas yang tadinya Contoh JOptionPane menjadi Latihan_04, hal ini bertujuan agar nama kelas yang disimpan sesuai dengan nama kelas yang diketik dalam program.

3     3. POST TEST
Buatlah project baru dengan nama PosTest_01 dan di dalamnya buatkan 2 buah java class masing-masing dengan nama Latihan_01.java dan Latihan_02.java yang digunakan untuk menampilkan biodata anda yang terdiri dari NIM, Nama, Alamat, email dan Nomor HP. Buatkan tampilan di Console dan JoptionPane.
·         Console

·         JOptionPane

                                            





        
                                                                      
           
DAFTAR PUSTAKA
Ronaldo Cristover Octavianus. Sejarah Java  di https://ronaldo1377001.wordpress.com/dasar-pemrograman-java/sejarah-java/ (diakses tanggal 09 Oktober 2019 pukul 19.37)
https://id.wikipedia.org/wiki/Java, diakses tanggal 09 Oktober 2019. Terakhir kali diubah tanggal 27 Juli 2019 pukul 03.49

Tidak ada komentar:

Posting Komentar