LAPORAN
PRAKTIKUM
BAHASA
PEMROGRAMAN 1
MODUL 1
“Pengenalan Java”
DOSEN PENGAMPU:
DEDE
IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA
SUHAEFI
20180910003
SISTEM
INFORMASI 2018 A
FAKULTAS KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayangNya memberikan
pengetahuan, kemampuan dan kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan
tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah bahasa
pemrograman 1.
Penyusun
menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan
kekurangan-kekurangan karena keterbatasan kemampuan penyusun, untuk itu masukan
yang bersifat membangun akan sangat membantu penyusun untuk semakin membenahi
kekurangannya.
Ucapan
terima kasih tidak lupa saya haturkan
kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan,M.Kom. Semoga makalah
ini dapat berguna sebagai karya untuk
semua. Amiin….
Kuningan, 29 Oktober
2019
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman judul
Kata pengantar
Daftar isi
LANDASAN TEORI
1.
Pengertian java
2.
Sejarah perkembangan java
3.
Kelebihan java
4.
Kekurangan java
PEMBAHASAN PRAKTIKUM
1. Pre Test
2.
Praktikum
3.
Post Test
DAFTAR
PUSTAKA
BAB 1
LANDASAN TEORI
1.
Pengertian
Java
merupakan salah satu bahasa pemrograman untuk memprogram sebuah komputer. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James
Gosling saat
masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta
dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java
umumnya dikompilasi ke dalam p-code
(bytecode) dan
dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).
Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat
umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk
memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena
fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa
platform sistem
operasi yang
berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana
pun”.
2.
Sejarah Perkembangan Java
Pada awalnya
bahasa pemrograman Java lahir dari suatu Proyek Bernama “Green”
atau disebut The Green Project. Proyek tersebut telah berjalan
sekitar 18 bulan dari awal tahun 1991 hingga 1992. Proyek ini dimotori
oleh empat orang yang bernama Pattrick Naughton , Mike Sheridan , James Gosling
dan Bill Joy. Keempat orang ini memimpin dan memotori omputer pemrogram
lainnya dari Sun Microsystems. Hasil dari The Green Project ini adalah omput
bernama Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan
Proyek ini dilakukan di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road yang berada di
Menlo Park. Pada sekitar musim panas 1992 , proyek ini akhirnya ditutup dan
menghasilkan suatu program Java Oak pertama yang ditujukan sebagai pengendali
sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (Touch Screen) seperti perangkat
kita saat ini. Teknologi tersebut diberi nama “*7” ( dibaca : Star Seven).
Setelah era
“*7” selesai , ada sebuah anak perusahaan dari TV kabel yang menarik beberapa
orang dari The Green Project untuk membuat suatu perusahaan baru. Perusahaan
ini memusatkan kegiatannya pada sebuah kantor yang beralamat di 100 Hamilton
Avenue , Palo Alto.
Seiring
berjalannya waktu , perusahaan ini berkembang dan bertambah maju. Hal ini
ditandai dengan meningkatnya jumlah karyawan secara signifikan , dari yang
berjumlah hanya 13 orang menjadi 70 orang. Kebetulan pada era ini
teknologi internet sudah omp digunakan sebagai sarana untuk menjembatani kerja
dan ide yang ada pada mereka. Pada era 1990an ini , teknologi internet masih
dibilang sebuah rintisan yang hanya dipakai di kalangan akademisi dan militer.
Pada saat
ini mereka menjadikan browser Moscaic sebagai suatu landasan awal untuk
aplikasi browser pertama yang diberi nama Web Runner. Nama Web Runner
sendiri terinspirasi dari film Blade Runner yang muncul pada tahun 1980an.
Setelah berkembang , aplikasi tersebut dirilis dan berganti nama
menjadi Hot Java.
Pada bulan
Maret di tahun 1995 dibukalah kode sumber Java ( Source Code) versi 1.0a2 .
Source Code yang mereka buat menjadi sukses pada tahun tersebut dan dapat
terlihat setelah muncul pemberitaan di media untuk pertama kalinya di ompu San
Jose Mercury new pada edisi 23 Mei 1995. Namun terjadi perpecahan di
tubuh perusahaan ini dan tiga orang dari pimpinan proyek tersebut seperti Eric
Schmidt , George Paolini (Sun Microsystems) dan Marc Adreessen ( Sun
Microsystems) membentuk perusahaan baru yang bernama NetScape.
Nama OAK
pada Java diambil dari suatu pohon OAK yang tumbuh di depan jendela ruangan
kerja James Gosling . Nama OAK ini sendiri tidak digunakan untuk versi release
Java karena sebuah perangkat lunak sudah memakai nama tersebut sebagai merek
dagang mereka . Oleh Karena itu
James Gosling mengubah nama OAK menjadi Java. Kenapa Java, hal ini dikarenakan
Gosling gemar meminum kopi murni yang langsung dibuat dari kopi tubruk.
VERSI AWAL JAVA
Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan
versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan
banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
- java.lang : Digunakan untuk kelas elemen dasar pada java.
- java.io : Digunakan untuk kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
- java.util : Digunakan sebagai kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas-kelas penanggalan.
- java.net : Digunakan pada kelas TCP/IP, yang memungkinkan adanya komunikasi antara satu omputer dengan yang lain menggunakan jaringan TCP/IP.
- java.awt : Digunakan sebagai kelas dasar untuk aplikasi dengan Graphic User Interface (GUI)
- java.applet : Digunakan sebagai kelas dasar untuk eplikasi Java berbasis Website
3. Kelebihan Bahasa Java
- Multiplatform. Artinya dapat dijalankan di beberapa plafrorm / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsp java yaitu “tulis sekali, jalankan dimana saja”.
- OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek), Java merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan konsep OOP. Dimana program yang dibangun berorientasikan kepada Object. Aplikasi yang dibangun dengan konsep OOP terdiri atas object-object yang saling berhubungan
- Perlengkapan kelas yang lengkap. Java terkenal dengan kelengkapan library perpustakaan (kumpulan program-program yang disertakan dalam permrograman java), yang memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
- Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java.
- Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
4. Kekurangan Bahasa Java
- Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
- Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahan tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft.NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
- Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
BAB 2
PEMBAHASAN
PRAKTIKUM
1 1. PRE
TEST
1. Apa
yang anda ketahui tentang java dan Netbeans?
Jawab: Java adalah salah satu perangkat lunak
yang digunakan untuk membuat suatu program sehingga program tersbut dapat
dijalankan di berbagai kmputer termasuk telepon genggam. Java juga bisa
dikatakan sebagai teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada
komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Netbeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang
ditulis dalam bahasa pemrograman Java.
Netbeans juga dapat dikatakan sebagai sebuah aplikasi Integrated Development
Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di
atas swing (teknologi java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat
berjalan diberbagai platform).
2. Apa
keunggulan dan kelemahan java?
Jawab: Keunggulan:
·
Multiplatform. Artinya
dapat dijalankan di beberapa plafrorm / sistem
operasi komputer, sesuai dengan prinsp java yaitu “tulis sekali, jalankan dimana saja”.
·
OOP (Object
Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek), Java merupakan
salah satu bahasa pemrograman dengan konsep OOP. Dimana
program yang dibangun berorientasikan kepada Object. Aplikasi yang dibangun
dengan konsep OOP terdiri atas object-object yang saling berhubungan
·
Perlengkapan kelas yang lengkap. Java
terkenal dengan kelengkapan library perpustakaan
(kumpulan program-program yang disertakan dalam permrograman java), yang
memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
·
Bergaya C++, memiliki
sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga
menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java.
·
Pengumpulan sampah otomatis,
memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak
perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa
C++ yang dipakai secara luas).
Kelemahan:
·
Tulis
sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang
tidak kompatibel antara platform satu dengan
platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak
berfungsi pada Mac OS X.
·
Mudah
didekompilasi. Dekompilasi
adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan
karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahan
tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama
juga terjadi pada Microsoft.NET Platform. Dengan
demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan
mudah dibajak/direverse-engineer.
·
Penggunaan
memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program
berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi
sebelumnya seperti C/C++dan Pascal (lebih
spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya
ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru
(karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka
yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
3. Tuliskan struktur dari program aplikasi java dan buatkan contohnya!
Jawab: Struktur
program java secara umum dibagi menjadi 4 bagian, yaitu: Deklarasi package,
impor library, bagian class, dan method main. Contohnya:
package com.petanikode.program; // deklarasi package
import java.io.file // impor library
class Program{ // bagian class
|
public static void main(String[]args){ // method
main
System.out.println(“Hello, Selamat belajar Java”); }
}
|
2 2. PRAKTIKUM
1. Latihan
1
1)
Buka aplikasi Netbeans, lalu klik menu File -> New Project atau tekan tombol
Ctrl+Shift+N pada keyboard
1. Pada bagian Catagories pada kotak dialog New
Project pilih Java dan pada bagian Project pilih Java Application. Setelah itu
klik tombol Next
2.
Pada kotak dialog
New Java Application, hilangkan tanda ceklis pada Create Main Class. Kemudian
beri nama Modul_01 pada bagian project name dan pada project location isi
dengan lokasi dimana kita akan menyimpan projek yang dibuat.
3. Klik kanan pada project Modul_01 di jendela
project, kemudian klik menu New->Java Class
4. Setelah muncul wizard New Java Class, beri
nama Latihan_01, setelah itu klik tombol finish
5. Kemudian tulis kode program dan analisis
hasilnya
2.
Latihan 2
1)
Buat file Java Class
baru pada projek yang sudah dibuat, beri nama Latihan_02
2)
Tulis kode program dan
analisis hasilnya
Hasil
output dari kode program Latihan_02 merupakan kotak dialog yang di dalamnya
terdapat pesan atau informasi. Hal ini bisa terjadi karena dalam kode program
Latihan_02 memakai JoptionPane dan showMessageDialog.
3.
Latihan 3
1)
Buat file java class
baru pada projek yang sudah dibuat di atas, beri nama Latihan_03
2)
Lengkapi kode program
sampai jadi seperti berikut:
Analisis:
·
Import, merupakan perintah
untuk memasukan suatu method atau perintah dalam bahasa pemrograman java
sehingga perintah tersebut dapat digunakan.
·
BufferedReader,
merupakan sebuah variabel dalam aplikasi java. Fungsinya untuk membaca sebuah
variabel yang diinputkan pada sebuah program.
·
Exception, untuk
menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan.
·
InputStreamReader,
berfungsi untuk memasukan sebuah data pada program
4.
Latihan 4
1)
Buat file Java Class
baru pada projek yang sudah dibuat di atas, beri nama Latihan_04
2)
Lengkapi kode
programnya sampai jadi seperti berikut:
3)
Jalankan program yang
telah dibuat dan amati hasilnya
Namun
jika kita mengikuti langkah-langkah sesuai dengan modul praktikum, maka hasil
runningnya akan error. Hal ini terjadi karena nama kelas yang tidak sama (yaitu
nama kelas yang disimpan dan nama kelas yang diketik di dalam program).
4)
Program yang telah
dirubah
Pada
program di atas, saya mengubah nama kelas yang tadinya Contoh JOptionPane
menjadi Latihan_04, hal ini bertujuan agar nama kelas yang disimpan sesuai
dengan nama kelas yang diketik dalam program.
3 3. POST
TEST
Buatlah
project baru dengan nama PosTest_01 dan di dalamnya buatkan 2 buah java class
masing-masing dengan nama Latihan_01.java dan Latihan_02.java yang digunakan
untuk menampilkan biodata anda yang terdiri dari NIM, Nama, Alamat, email dan
Nomor HP. Buatkan tampilan di Console dan JoptionPane.
·
Console
·
JOptionPane
DAFTAR PUSTAKA
Ronaldo
Cristover Octavianus. Sejarah Java di https://ronaldo1377001.wordpress.com/dasar-pemrograman-java/sejarah-java/
(diakses
tanggal 09 Oktober 2019 pukul 19.37)
https://id.wikipedia.org/wiki/Java, diakses
tanggal 09 Oktober 2019. Terakhir kali diubah tanggal 27
Juli 2019 pukul 03.49
Tidak ada komentar:
Posting Komentar