Selasa, 29 Oktober 2019

Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 (Modul 2)


LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 2
“Tipe Data Variabel dan Operator”



DOSEN PENGAMPU:
DEDE IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA SUHAEFI
20180910003
SISTEM INFORMASI 2018 A


FAKULTAS KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019






KATA PENGANTAR

                     Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayangNya memberikan pengetahuan, kemampuan dan kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah bahasa pemrograman 1.
                     Penyusun menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan kekurangan-kekurangan karena keterbatasan kemampuan penyusun, untuk itu masukan yang bersifat membangun akan sangat membantu penyusun untuk semakin membenahi kekurangannya.
                     Ucapan terima kasih tidak lupa saya  haturkan kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan,M.Kom. Semoga makalah  ini dapat berguna sebagai karya untuk semua. Amiin….






Kuningan, 29 Oktober 2019

Penyusun






DAFTAR ISI

Halaman judul

Kata pengantar

Daftar isi

LANDASAN TEORI
1. Tipe Data pada Java
2. Variable pada Java 
3. Operator pada Java

PEMBAHASAN PRAKTIKUM
1.    Pre Test
2.    Praktikum
3.    Post Test           
          
DAFTAR PUSTAKA



LANDASAN TEORI

     A.    Tipe Data Pada Java
Tipe data mendefinisikan metode penyimpanan untuk mereperesentasikan informasi dan cara informasi diinterprentasikan. Tipe data berkaitan erat dengan penyimpanan variabel di memori karena tipe data variabel menentukan cara kompilator menginterpretasikan isi memori. Tipe data dalam Java dibagi 2 kategori:
1.      Sederhana / primitive, terdapat 8 tipe-tipe sederhana dan dipisahkan dalam 4 kelompok :
·         Empat tipe adalah untuk bilangan bulat (integer) bertanda: byte, short, int, dan long.
·         Dua untuk tipe angka titik mengambang (floating point) atau bilangan pecahan: float dan double.
·         Satu untuk tipe karakter yaitu char, mewakili simbol pada himpunan karakter seperti tulisan dan angka.
·         Satu untuk tipe Boolean, merupakan tipe khusus untuk menunjukkan besaran logika (nilai-nilai logika).
2.      Komposit, tipe data komposit disusun dari tipe data sederhana atau tipe komposit lain yang telah ada. Tipe ini antara lain: string, array, class, dan interface.

     B.    Variabel Pada Java
Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai tersebut dapat diubah selama eksekusi program. Sedangkan konstanta menyatakan nilai yang tidak berubah pada saat eksekusi.
Bentuk Umum Deklarasi Variabel yaitu : [tipe data] [nama variabel] [;]
Contoh :
int harga;
char nama hari;
double bonus;
Berikut ini aturan-aturan dalam membuat variabel pada Java :
·         Case sensitive, huruf kecil dan kapital berbeda. Contoh: alamat, Alamat, dan ALAMAT menyatakan tiga variabel yang berbeda.
·         Nama dari sebuah variabel harus dimulai dengan sebuah huruf dan selanjutnya dapat diikuti dengan huruf atau angka.
·         Huruf yang bisa digunakan adalah dari ‘A’-‘Z’, ‘a’-‘z’, angka dari 0-9 dan juga simbol ‘_’ dan „$‟ , Untuk simbol lain dan spasi tidak dapat digunakan.
·         Dalam penamaan variabel juga tidak diperkenankan menggunakan reserved word atau keyword dari Java.
·         Panjang variabel tidak dibatasi. Dalam pendeklarasian variabel kita juga bisa menyatukan dua variabel dalam pendeklarasiannya
   Contoh : int i, j;
     long y,x;
     char a,b;

     C.     Operator Pada Java
Ekspresi adalah statement yang mengembalikan suatu nilai sedangkan Operator adalah suatu symbol yang biasanya digunakan dalam ekspresi. Operator akan melakukan suatu operasi terhadap operand sesuai dengan fungsinya, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya. Operator di Java ada 7 macam, yaitu :
1.      Operator penugasan
2.      Operator matematika
3.      Operator penaikan dan penurunan
4.      Operator bitwise ( manipulasi bit )
5.      Operator relasional
6.      Operator logika Boolean
7.      Operator majemuk.

1.) Operator Penugasan, Operator ini adalah operator yang paling sederhana dan hanya dilambangkan dengan karakter ‟=‟. Operator ini digunakan untuk menugaskan suatu nilai ke suatu variabel.
Ekspresi
Arti
x += y
x = x + y
x -= y
X = x – y
x *= y
x = x * y
x /= y
x = x / y

2.) Operator Aritmatika, Operator ini digunakan dalam ekspresi matematika. Berikut ini daftar operator matematika yang dikenal dalam Java.
Operator
Arti
Contoh
+
Penjumlahan
3+4
Pengurangan
5-7
*
Perkalian
5*5
/
Pembagian
14/7
%
Modulus
20%7

3.) Operator Perbandingan / Relasional, Operator ini digunakan untuk membandingkan dua buah nilai operand dan menghasilkan nilai Boolean yaitu true atau false. Berikut ini operator relasional dalam Java.
Operator
Keterangan
Contoh
==
Sama dengan
X == 3
!=
Tidak Sama dengan
X != 3
Lebih kecil dari
X < 3
Lebih besar dari
X > 3
<=
Lebih kecil dari atau sama dengan
X <= 3
>=
Lebih besar dari atau sama dengan
X >= 3

4.) Operator Penaikan dan Penurunan, Operator ini digunakan untuk menaikkan atau menurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat) sebanyak satu satuan, dan hanya digunakan pada variabel.

Operator
Keterangan
++
Penambahan dengan nilai satu
Pengurangan dengan nilai satu

Sebagai contoh :
x = x + 1;
y = y -1;
dapat ditulis menjadi:
x++ ;
y– ;
atau
++x ;
–y ;

5.) Operator Bitwise (manipulasi bit), Operator ini digunakan untuk operasi secara langsung terhadap bit yang menyusun suatu bilangan. Daftar operator bitwise dalam Java adalah sebagai berikut :
Operator
Arti
Bitwise negasi (NOT)
&
Bitwise AND
|
Bitwise OR
^
Bitwise XOR
>> 
Geser kanan
>>> 
Geser kanan tanpa mempertahankan sign (dengan nilai 0 sebagai pengisi bit paling kiri)
<< 
Geser kiri
Karena operasi bitwise memanipulasi hingga ke bagian yang paling kecil dari suatu bilangan, yaitu bit maka diperlukan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana Java menyimpan reprsentasi suatu bilangan dalam bit, terutama sekali untuk representasi bilangan negatif. Java menyimpan representasi dari suatu bilangan sebagai bilangan basis dua (binary) yang tersusun atas bit. Contoh bilangan binary : 000100111. angka 0 dan 1 yang membentuk bilangan binary inilah yang disebut bit.
6.) Operator Logika Boolean, Operator ini hanya digunakan untuk melakukan operasi pada operand yang bertipe Boolean. Berikut daftar operator logika Boolean.
Operator
Keterangan
&
Logika AND
|
Logika OR
^
Logika XOR
!
Logika NOT
&&
Short Circuit Logika AND
|
Short Circuit Logika OR
==
Logika sama dengan
!=
Logika tidak sama dengan

7.) Operator Majemuk, Operator ini merupakan gabungan dari operator yang telah dibahas sebelumnya dengan operator penugasan. Berikut operator majemuk pada Java.
Operator
Keterangan
+=
Penambahan diikuti dengan penugasan
– =
Pengurangan diikuti dengan penugasan
* =
Perkalian diikuti dengan penugasan
/ =
Pembagian diikuti dengan penugasan
% =
Operasi modulus diikuti dengan penugasan
Berikut ini contoh penggunaannya :
Hasil +=10 : memiliki arti yang sama dengan hasil = hasil+10
Hasil -=20 : memiliki arti yang sama dengan hasil = hasil-20






PEMBAHASAN PRAKTIKUM
11. PRE TEST
1)      Jelaskan fungsi dari variable dan konstanta
Jawab: Variable berfungsi untuk menyimpan suatu nilai dengan tipe data tertentu, dimana nilai dari variable dapat diubah. Konstanta berfungsi untuk menyimpan nilai dengan tipe data tertentu, hanya saja nilai dari konstanta tidak dapat diubah atau bernilai tetap.
2)      Mengapa kita harus tahu persis tipe data yang akan dikelola
Jawab: Karena ketepatan pemilihan data pada variable atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumber daya komputer (terutama memori komputer). Tipe data yang sesuai menentukan hasil dari suatu program (efisien dan berkinerja tinggi).
3)      Buat program penjumlahan dan pengurangan
Jawab: Program penjumlahan


Program pengurangan

22. PRAKTIKUM
       1.      Latihan 1
    Buat project baru dengan nama Modul_02, tmbahnkan satu buah java class beri nama Latihan_01.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut:

Analisis program:
public class Latihan_01 // nama kelas 
public static void main (String [] args) // method String NIM = "20180910003" dan String Nama = "Faradila Suhaefi" // string merupakan tiipe data yang terdiri dari kumpulan karakter dengan panjang tertentu
Float Nilai1 = 100 // float merupakan tipe data bilangan real atau tipe data dengan karakter desimal
System.out.println // pencetak statement

Analisis hasil running: 
Pada hasil output Latihan_01 menunjukan data mahasiswa. Adapun data yang ditampilkan adalah data yang tersimpan dalam variable Nim, Nama, Nilai, dan Huruf.
Adapun pemanggilan dari program diatas seperti kode di bawah ini:

 

2.      Latihan 2 
Tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_02.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut:
  
Analisis program: 
public class Latihan_02 // nama kelas 
public static void main (String [] args) // method  
int x dan int y // variabel yang digunakan 
System.out.println // pencetak statement

Analisis hasil running:
Pada hasil output Latihan_02 menunjukan program penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan sisa hasil bagi. adapun data yang ditampilkan adalah data yang tersimpan di variabel x dan y. Kemudian kedua variabel itu di proses sehingga menghasilkan outut seperti di atas.
     
33.  POST TEST

1)      Buatlah classs java dengan nama Latihan_03 untuk menampilkan informasi karyawan yang terdiri dari NIK, Nama, Lama Kerja, Gaji Pokok, Tunjangan Potongan dan Gaji Bersih. Besar Gaji Pokok diisidengan 1000000*Lama Kerja, Tunjangan Gaji Pokok *2.5% dan Gaji Bersih diisi dengan Gaji Pokok + Tunjangan.



2)      Buatlah kelas Java dengan nama Latihan_04 gunakan untuk menampilkan hasil perhitungan bujursangkar, persegi panjang, segitiga, lingkaran, limas dan kerucut.
public class Latihan_04 {


    public static void main(String[] args){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        double luas;
        double keliling;
        double v_l;
        double v, l_a, b;
        System.out.printf ("Daftar bangun datar dan Bangun Ruang\n");
        System.out.printf("==========================\n");
        System.out.printf("1. Bujur Sangkar\n");
        System.out.printf("2. Persegi Panjang\n");
        System.out.printf("3. Segitiga\n");
        System.out.printf("4. Lingkaran\n");
        System.out.printf("5. Limas\n");
        System.out.printf("6. Kerucut\n");
        System.out.printf("7. Keluar\n");
        System.out.printf("Masukan pilihan anda : ");
        int pil = in.nextInt();
        switch(pil){
            case 1:
                double s;
                System.out.print("Sisi\t: ");
                s = in.nextInt();
                keliling = 4 * s;
                luas = s * s;
                System.out.println("\nBangun datar Bujur Sangkar" );
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
                break;

            case 2:
                double p,l;
                System.out.print("Panjang: ");
                p = in.nextInt();
                System.out.print("Lebar\t: ");
                l = in.nextInt();
                keliling = 2 * ( p + l);
                luas = p * l;
                System.out.println("\nBangun datar Persegi Panjang");
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
                break;

            case 3:
                double s_a, s_b, s_c, a, t;
                System.out.print("Sisi A : ");
                s_a = in.nextInt();
                System.out.print(" Sisi B : ");
                s_b = in.nextInt();
                System.out.print("Sisi C : ");
                s_c = in.nextInt();
                System.out.print("Alas : ");
                a = in.nextInt();
                System.out.print("Tinggi : ");
                t = in.nextInt();
                keliling = s_a + s_b + s_c;
                luas = (a * t)/2;
                System.out.println("\nBangun datar Segitiga");
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.printf("\nLuas\t\t: %f",luas);
                break;

            case 4:
                double r;
                System.out.print("Jari - jari : ");
                r = in.nextInt();
                keliling = 2 * 3.14 * r;
                luas = 3.14 * r * r;
                System.out.println("\nBangun datar Lingkaran");
                System.out.println("Keliling\t: "+keliling);
                System.out.println("Luas\t\t: "+luas);
                break;

            case 5:

                System.out.print("Luas Alas : ");
                l_a = in.nextDouble();
                System.out.print("Tinggi\t  : ");
                b = in.nextDouble();
                v_l = 0.33 *l_a*b;
                System.out.println("\nBangun ruang Limas");
                System.out.printf("Volume\t\t: %.2f",v_l);
                break; 

            case 6:
                double f, g;
                System.out.print("Jari - jari ");
                f = in.nextInt();
                System.out.print("Tinggi ");
                g = in.nextInt();
                v = 0.33 * 3.14 * f * f * g;
                System.out.println("\nBangun ruang Kerucut");
                System.out.println("Volume\t\t: "+v);
                break;

            case 7:
                break;

            default :
                System.out.printf("Maaf Pilihan Tidak Tersedia!!");

    }
    }
}






DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar