Minggu, 05 Januari 2020

Laprak Modul 9: DASAR JAVA GRAFIS


LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 9
 Dasar Java Grafis"



DOSEN PENGAMPU:
DEDE IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA SUHAEFI
20180910003
SISTEM INFORMASI 2018 A

FAKULTAS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayang-Nya memberikan pengetahuan, kemampuan dan kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah praktikum bahasa pemrograman 1 modul 9.
Penyusun menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan kekurangan-kekurangan karena keterbatasan kemampuan penyusun, untuk itu masukan yang bersifat membangun akan sangat membantu penyusun untuk semakin membenahi kekurangannya.
Ucapan terima kasih tidak lupa saya  haturkan kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan, M.Kom , semoga makalah  ini dapat berguna sebagai karya dari kita dan untuk semua. Amiin….



Penyusun 

Kuningan, 05 Januari 2020




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
1.2    Rumusan Masalah
1.3    Tujuan Penulisan

BAB 2 ISI

2.1   Pengantar Java Grafis
2.2   Pre Test
2.3   Hasil Praktikum dan Analisis
2.4   Latihan / Post Test

KESIMPULAN
                     
DAFTAR PUSTAKA



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Bahasa pemrograman Java tidak ha nya dapat digunakan untuk membuat program berbasis teks (text-base program) namun lebih dari itu, Java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa Java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk program grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dan lain-lain.

1.2         Rumusan Masalah
1.      Bagaimana program dari pre test?
2.      Bagaimana hasil dari praktikum dan analisisnya ?
3.      Bagaimana program dari latihan / pos test ?

1.3         Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini agar mahasiswa dapat membuat bentuk grafis sederhana menggunakan bahasa Java.


BAB 2
ISI

2.1 Pengantar Java Grafis

Kelas-kelas Java dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.
Container classes dan helper classes penting untuk dipelajari karena berperan dalam membuat (mendesain) interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda juga seharusnya mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes. Dari hirarki turunan, selain dapat dilihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, juga dapat dilihat metoda-metoda penting yang diwariskannya. Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk dalam container classes, sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk dalam helper classes.
Kelas Component merupakan kelas abstrak. Secara hirarki, kelas Component adalah turunan dari kelas Object. Kelas Object berada di puncak teratas dalam hirarki kelas di Java. Semua kelas, langsung maupun tidak langsung, merupakan turunan dari kelas Object. Berikut ini adalah hirarki turunan dari kelas Component:
Java.lang.Object­ -> java.awt.Component
Kelas Component mempunyai banyak sekali metoda. Semua kelas turunan dari kelas Component akan mewarisi semua metoda yang bisa diakses (accessible method) dari kelas ini. Berikut ini adalah tabel beberapa metoda penting dari kelas Component:
Metoda Class Component:
Metoda
Keterangan
setSize(int width, int height)
Mengatur kembali ukuran komponen sehingga mempunyai lebar width dan tinggi height.
setVisible(boolean b)
Menampilkan atau menyembunyikan komponen tergantung dari nilai boolean b.
setFont(Font f)
Mengatur jenis huruf dari komponen.
getFont(Font f)
Mengembalikan jenis huruf dari komponen.
setForegound(Color c)
Mengatur warna latar depan (foreground) dari komponen
getForeground()
Mengembalikan warna latar depan (foreground) dari komponen.
setBackground(Color c)
Mengatur warna latar belakang (background) dari komponen.
getBackground()
Mengembalikan warna latar belakang (background) dari komponen.
getWidth()
Mengembalikan lebar komponen saat ini.
getHeight()
Mengembalikan tinggi komponen saat ini.
setPreferedSize()
Mengatur ukuran komponen yang diinginkan.
getPreferedSize(Dimention d)
Mengembalikan ukuran komponen yang diinginkan.
isVisible()
Menunjukkan apakah komponen ini tampak.
setVisible(boolean b)
Menampilkan atau meyembunyikan komponen.
setName(String name)
Mengatur nama komponen ke string yang telah ditentukan
getName()
Mengembalikan nama dari komponen.

2.2 Pre Test

Buat bentuk garis, kubus, dan lingkaran
Program:
 package modul9;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;

public class PreTest extends JFrame {
    public PreTest () {
        setTitle("PRE TEST - Faradila");
        setSize (300,300);
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
   
    @Override
    public void paint (Graphics g) {
        g.setColor(Color.BLUE);
        g.fillOval(10, 50, 70, 70);
        g.setColor(Color.RED);
        g.drawLine(30, 200, 200, 200);
        g.setColor(Color.BLUE);
        g.fillRect(120, 50, 70, 70);
    }
   
    public static void main (String [] args) {
        PreTest pretest = new PreTest ();
    }
}

Output:


2.3 Praktikum dan Analisis

Program:
package modul9;

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;

public class Latihan_01 extends JFrame {
    public Latihan_01 () {
        setTitle("Latihan Grafis");
        setSize(500,500);
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }

    @Override
    public void paint(Graphics g ) {
       g.setColor(Color.RED);
       g.drawLine(100, 120, 350, 120);
    }
   
    public static void main (String[]args) {
        Latihan_01 latihan_01 = new Latihan_01();
    }
}

Output:

2.4 Post Test

Buat bentuk untuk menunjukan operasi himpunan berupa Union, Intersection, dan Subtraction.
Program:
package modul9;
import java.awt.*;
import javax.swing.*;

public class Post_Test extends JFrame{
  
    public Post_Test(){
        setTitle("Faradila-Suhaefi");
        setSize(550,650);
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
      
    }
    @Override
    public void paint(Graphics g){
        g.setColor(Color.yellow);
        g.fillOval(100, 80, 150, 150);
        g.setColor(Color.yellow);
        g.fillOval(200, 80, 150, 150);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 80, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 80, 149, 149);
      
        g.setColor(Color.yellow);
        g.fillOval(100, 280, 150, 150);
        g.setColor(Color.yellow);
        g.fillOval(200, 280, 150, 150);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 280, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 280, 149, 149);
        g.setColor(Color.white);
        g.fillOval(200, 300, 50, 110);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 300, 49, 109);
      
        g.setColor(Color.yellow);
        g.fillOval(100, 480, 150, 150);
        g.setColor(Color.white);
        g.fillOval(200, 480, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(100, 480, 149, 149);
        g.setColor(Color.black);
        g.drawOval(200, 480, 149, 149);
    }
    public static void main(String[] args) {
        Post_Test PostTest = new Post_Test();
    }
}

Output:





KESIMPULAN
Jadi dengan Java Grafis kita bisa membuat berbagai bentuk program grafis seperti Games, Aplikasi Grafis, Animasi dan lain-lain.


DAFTAR PUSTAKA
Buku Modul Bahasa Pemrograman 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar