LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 9
“Dasar Java
Grafis"
DOSEN PENGAMPU:
DEDE
IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA
SUHAEFI
20180910003
SISTEM
INFORMASI 2018 A
FAKULTAS KOMPUTER
SISTEM
INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayang-Nya memberikan pengetahuan, kemampuan dan
kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah praktikum bahasa pemrograman
1 modul 9.
Penyusun
menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan kekurangan-kekurangan karena keterbatasan
kemampuan penyusun, untuk itu masukan yang bersifat membangun akan sangat
membantu penyusun untuk semakin membenahi kekurangannya.
Ucapan
terima kasih tidak lupa saya haturkan
kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan, M.Kom , semoga makalah ini dapat berguna
sebagai karya dari kita dan untuk semua. Amiin….
Penyusun
Kuningan, 05
Januari 2020
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB 2 ISI
2.1 Pengantar Java Grafis
2.2 Pre Test
2.3 Hasil
Praktikum dan Analisis
2.4 Latihan / Post Test
KESIMPULAN
DAFTAR
PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Bahasa pemrograman Java
tidak ha nya dapat digunakan untuk membuat program berbasis teks (text-base
program) namun lebih dari itu, Java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan
menguasai pemrograman grafis dalam bahasa Java maka dimungkinkan dapat membuat
aneka bentuk program grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dan
lain-lain.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana program dari pre test?
2.
Bagaimana hasil dari praktikum dan analisisnya ?
3.
Bagaimana program dari latihan / pos test ?
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah
ini agar mahasiswa dapat membuat bentuk grafis sederhana menggunakan bahasa
Java.
BAB 2
ISI
2.1 Pengantar Java Grafis
Kelas-kelas
Java dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container
classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen
(component classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat
digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component
classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField,
JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper
classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.
Container
classes dan helper classes penting untuk dipelajari karena berperan dalam
membuat (mendesain) interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda
juga seharusnya mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa
kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes. Dari
hirarki turunan, selain dapat dilihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan
kelas lainnya, juga dapat dilihat metoda-metoda penting yang diwariskannya.
Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk dalam container classes,
sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk
dalam helper classes.
Kelas
Component merupakan kelas abstrak. Secara hirarki, kelas Component adalah
turunan dari kelas Object. Kelas Object berada di puncak teratas dalam hirarki
kelas di Java. Semua kelas, langsung maupun tidak langsung, merupakan turunan
dari kelas Object. Berikut ini adalah hirarki turunan dari kelas
Component:
Java.lang.Object
-> java.awt.Component
Kelas
Component mempunyai banyak sekali metoda. Semua kelas turunan dari kelas
Component akan mewarisi semua metoda yang bisa diakses (accessible method) dari
kelas ini. Berikut ini adalah tabel beberapa metoda penting dari kelas
Component:
Metoda Class
Component:
Metoda
|
Keterangan
|
setSize(int width, int height)
|
Mengatur kembali ukuran komponen sehingga mempunyai
lebar width dan tinggi height.
|
setVisible(boolean b)
|
Menampilkan atau menyembunyikan komponen tergantung
dari nilai boolean b.
|
setFont(Font f)
|
Mengatur jenis huruf dari komponen.
|
getFont(Font f)
|
Mengembalikan jenis huruf dari komponen.
|
setForegound(Color c)
|
Mengatur warna latar depan (foreground) dari
komponen
|
getForeground()
|
Mengembalikan warna latar depan (foreground) dari
komponen.
|
setBackground(Color c)
|
Mengatur warna latar belakang (background) dari
komponen.
|
getBackground()
|
Mengembalikan warna latar belakang (background) dari
komponen.
|
getWidth()
|
Mengembalikan lebar komponen saat ini.
|
getHeight()
|
Mengembalikan tinggi komponen saat ini.
|
setPreferedSize()
|
Mengatur ukuran komponen yang diinginkan.
|
getPreferedSize(Dimention d)
|
Mengembalikan ukuran komponen yang diinginkan.
|
isVisible()
|
Menunjukkan apakah komponen ini tampak.
|
setVisible(boolean b)
|
Menampilkan atau meyembunyikan komponen.
|
setName(String name)
|
Mengatur nama komponen ke string yang telah
ditentukan
|
getName()
|
Mengembalikan nama dari komponen.
|
2.2 Pre Test
Buat
bentuk garis, kubus, dan lingkaran
Program:
package modul9;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
public class PreTest extends
JFrame {
public PreTest () {
setTitle("PRE TEST -
Faradila");
setSize (300,300);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint (Graphics g) {
g.setColor(Color.BLUE);
g.fillOval(10, 50, 70, 70);
g.setColor(Color.RED);
g.drawLine(30, 200, 200, 200);
g.setColor(Color.BLUE);
g.fillRect(120, 50, 70, 70);
}
public static void main (String [] args) {
PreTest pretest = new PreTest ();
}
}
|
Output:
2.3 Praktikum dan Analisis
Program:
package modul9;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class Latihan_01 extends JFrame {
public
Latihan_01 () {
setTitle("Latihan Grafis");
setSize(500,500);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public
void paint(Graphics g ) {
g.setColor(Color.RED);
g.drawLine(100, 120, 350, 120);
}
public
static void main (String[]args) {
Latihan_01 latihan_01 = new Latihan_01();
}
}
|
Output:
2.4 Post Test
Buat bentuk untuk menunjukan operasi himpunan berupa
Union, Intersection, dan Subtraction.
Program:
package modul9;
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class Post_Test extends
JFrame{
public Post_Test(){
setTitle("Faradila-Suhaefi");
setSize(550,650);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.yellow);
g.fillOval(100, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.yellow);
g.fillOval(200, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.yellow);
g.fillOval(100, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.yellow);
g.fillOval(200, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 300, 50, 110);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 300, 49, 109);
g.setColor(Color.yellow);
g.fillOval(100, 480, 150, 150);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 480, 149, 149);
}
public static void main(String[] args) {
Post_Test PostTest = new Post_Test();
}
}
|
Output:
KESIMPULAN
Jadi dengan Java Grafis kita bisa membuat berbagai bentuk program grafis
seperti Games, Aplikasi Grafis, Animasi dan lain-lain.
DAFTAR PUSTAKA
Buku Modul Bahasa Pemrograman 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar