Jumat, 22 November 2019

Laprak Modul 4: STATEMENT PERULANGAN


LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 4
Statement Perulangan


DOSEN PENGAMPU:
DEDE IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA SUHAEFI
20180910003
SISTEM INFORMASI 2018 A

FAKULTAS KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019




KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayang-Nya memberikan pengetahuan, kemampuan dan kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah praktikum bahasa pemrograman 1 modul 4.
Penyusun menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan kekurangan-kekurangan karena keterbatasan kemampuan penyusun, untuk itu masukan yang bersifat membangun akan sangat membantu penyusun untuk semakin membenahi kekurangannya.
Ucapan terima kasih tidak lupa saya  haturkan kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan, M.Kom , semoga makalah  ini dapat berguna sebagai karya dari kita dan untuk semua. Amiin….



Penyusun
Kuningan, 22 November 2019







DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
1.2    Rumusan Masalah
1.3    Tujuan Penulisan

BAB 2 ISI

2.1   Pengertian perulangan
2.2   Macam – macam perulangan
2.3   Pre Test
2.4   Hasil Praktikum
2.5   Latihan / Post Test

KESIMPULAN
                     
DAFTAR PUSTAKA





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Hampir setiap program yang kompleks mutlak memerlukan suatu perulangan. Tujuan perulangan disini adalah untuk mengulang statement atau blok statement berulang kali sesuai sejumlah batasan yang ditentukan pemakai. Dalam makalah ini akan memberikan gambaran konsep dasar dari pengertian diatas. Terdapat tiga macam statement perulangan yang dapat digunakan yaitu statement FOR, statement DO-WHILE, dan statement WHILE. Masing-masing statement digunakan pada jenis perulangan yang berbeda, meski untuk menyelesaikan sebuah kasus, statement perulangan dapat diganti dengan statement perulangan yang lain.

1.2         Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan perulangan ?
2.      Apa saja macam-macam perulangan ?
3.      Bagaimana kode program dari pre test ?
4.      Bagaimana hasil dari praktikum dan analisisnya ?
5.      Bagaimana program dari latihan / pos test ?

1.3         Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini agar mahasiswa mampu menerapkan perintah perulangan ke dalam program secara benar.



BAB 2
PEMBAHASAN

2.1         Pengertian Percabangan
Perulangan artinya mengulangi eksekusi blok program tertentu sampai tercapai kondisi untuk menghentikannya. Setiap perulangan memiliki empat bagian: inisialisasi, badan program, iterasi, dan terminasi.
·           Inisialisasi 
Inisialisasi adalah tahap dimana kita memberi pengenalan atau memberi nilai pada sebuah inisial ata variabel tertentu yang akan kita gunakan dalam perulangan. Tahap ini dialkukan sebelum memasuki perulangan. Contoh : int i =0;
·         Proses / Badan Program
Tahap proses terjadi di dalam bagian perulangan yang berisi semua proses yang perlu untuk dilakukan sebauah perulangan.
·         Iterasi 
Iterasi adalah suatu kondisi dimana terdapat sebuah metode agar perulangan dapat terus berjalan. Iterasi terjadi di dalam perulangan.
·         Terminasi 
Terminasi adalah suatu kondisi yang digunakan untuk menghentikan perulangan. Terminasi sangat dibutuhkan dalam perulangan. Mengapa demikian? Karena jika tidak adanya terminasi maka perulangan akan terus mengulang dan hasilnya akan terjadi infinite-loop yaitu perulangan yang akan berhenti.

Dengan adanya perulangan maka pembuat program atau programmer tidak perlu menulis kode program yang sama berkali – kali dan juga perulangan membuat program lebih singkat karena kode yang digunakan diminimalkan.    

2.2         Macam – Macam Perulangan
Java memiliki tiga macam bentuk perulangan, yaitu:
2.2.1        While
Pernyataan while digunakan untuk melakukan perulangan dengan menentukan kondisi yang menyebabkan perulangan dihentikan. Perulangan while juga digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya tidak diketahui dengan pasti.
Statement while digunakan untuk melakukan proses perulangan statement atau blok statement terus-menerus selama kondisi ungkapan logika pada While masih bernilai logika benar (true).
[initializion;]
       while (termination) {
       body;
       [iteration;]
}

2.2.2        Do-While
Perulangan do-while digunakan untuk mengulang statement atau blok statement sampai kondisi yang diseleksi pada while tidak terpenuhi (false).
[initializion;]
       do {
       body;
       [iteration;]
} while (termination)

Perulangan do-while ini mirip dengan bentuk while, perbedaan utamanya terletak pada pengecekan kondisi (true atau false) dilakukan pada bagian akhir sehingga pernyataan yang ada di dalam blok perulangan akan dieksekusi minimal satu kali, sekalipun eksekusi do-while pertama kali menemukan kondisi bernilai false.
.
2.2.3        For
Perulangan for digunakan untuk melakukan perulangan dengan menentukan kondisi perulangan dan pernyataan increament / decrement. Perulangan for digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya sudah diketahui dengan pasti.
for (inizialition; termination; iteration) {
    body;
}

2.3         Pre Test
Jelaskan persamaan dan perbedaan dari tiga macam bentuk perulangan yang ada dilengkapi dengan contoh singkat.
·         Persamaan
Semua jenis perulangan baik itu for, while, ataupun do-while memiliki empat bagian yaitu inisialisasi, badan program, iterasi, dan terminasi.
·         Perbedaan
Ø  While -> kondisi atau termination berada di awal blok perulangan. Metode perulangannya pun dilakukan dengan cara kondisi dicek terlebih dahulu, jika kondisi bernilai true maka program dijalankan dan tapi jika kondisi bernilai false maka program dihentikan.
public class pretest_while {
public static void main (String[]args) {
     int batas=0;
     while (batas < 20) {
    System.out.print(batas);
    System.out.print(" ");
    batas++;      }
   }
}

         


Ø  Do-While -> kondisi atau termination berada di akhir blok perulangan. Metode perulangannya pun dilakukan dengan cara program dijalankan terlebih dahulu, baru kondisi dicek. Sehingga pernyataan yang ada di dalam blok perulangan akan dieksekusi minimal satu kali, sekalipun eksekusi do-while pertama kali menemukan kondisi bernilai false.
public class Pretest_dowhile {
public static void main (String [] args) {
     int batas=0;
    do {
  System.out.print(batas);
  batas++;
  System.out.print(" ");
} while (batas < 20);
    }
  } 



Ø  For ->  perulangan yang batasannya sudah diketahui
 public static void main (String [] args) {
   for (int i=1; i<=7; i++) {
         System.out.println (" "+i);      }
   }
}



2.4         Hasil Praktikum dan Analisisnya
2.4.1        Latihan 1
Buat project baru dengan nama Modul_04, tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_01.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut:
Kode Program:
package modul4;  // folder yang membungkus class java Latihan_1
import java.io.*;  // import library
public class Latihan_1 { // nama class atau deklarasi nama program
public static void main(String[]args) throws IOException { // main method
  BufferedReader br = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in)); // mendeklarasikan objek br dengan tipe data BufferedReader
       int banyak; // deklarasi variable banyak dengan tipe data integer
       System.out.print("Jumlah pengulangan : "); // pencetak statement
       banyak=Integer.parseInt (br.readLine()); /*untuk mengambil inputan dari keyboard an menyimpannya di variable banyak*/
       while (--banyak >= 0) { // kondisi perulangan
           System.out.println(banyak+1); // pencetak statement
       }
   }
}

Output:



 Analisis Output:
User menginputkan jumlah pengulangan : 3 yang akan disimpan di variabel banyak. Kemudian program akan mengecek kondisi while (--banyak >= 0), karena 3 merupakan bilangan lebih dari 0 (true) maka program akan melakukan eksekusi perulangan. Kemudian program akan mencetak output menggunakan System.out.println(banyak+1); kenapa hasil outputnya 3, 2, 1 ? Karena kondisinya --3 (3 dikurangi 1) dan ini dilakukan berulang sampai kondisi bernilai false.

2.4.2        Latihan 2
Tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_02.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut:
Kode Program:
package modul4;  // folder yang membungkus class java Latihan_2
import java.io.*; // import library
public class Latihan_2 { // nama class atau deklarasi nama program
public static void main(String[]args) throws IOException { // main method
   BufferedReader br = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in)); // mendeklarasikan objek br dengan tipe data BufferedReader
        int banyak; // deklarasi variable banyak dengan tipe data integer
        System.out.print("Jumlah pengulangan : ");  // pencetak statement
        banyak=Integer.parseInt(br.readLine());  /*untuk mengambil inputan dari keyboard an menyimpannya di variable banyak*/
        do {
            System.out.println(banyak); // pencetak statement
        } while (--banyak > 0); // kondisi perulangan
    }
}

Output:
 


Analisis Output:
User menginputkan jumlah pengulangan: 4 yang akan disimpan di variable banyak. Kemudian program akan dijalankan terlebih dahulu baru mengecek kondisi while (--banyak > 0); // walaupun nantinya kondisi akan bernilai false program akan tetap dieksekusi minimal satu kali. Setelah melakukan eksekusi pengulangan maka program akan menampilkan output menggunakan System.out.println(banyak);.

2.4.3        Latihan 3
Tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_03.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut:
Kode Program:
package modul4;  // folder yang membungkus class java Latihan_3
import java.io.*; // import library
public class Latihan_3 { // nama class atau deklarasi nama program
public static void main(String[]args) throws IOException { // main method
        BufferedReader br = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in)); // mendeklarasikan objek br dengan tipe data BufferedReader
        int j; // deklarasi variable j dengan tipe data integer
        System.out.print("Jumlah pengulangan : "); // pencetak statement
        j=Integer.parseInt(br.readLine());/*untuk mengambil inputan dari keyboard an menyimpannya di variable j*/
        for (int i=1; i<=j; i++) {  //parameter atau kondisi perulangan
            if (i%2 > 0)  //percabangan atau seleksi kondisi
            continue; /*melanjutkan perulangan setelah melewati kondisi selain if */
            System.out.println(i); // pencetak statement
        }
    }
}

Output:
 


 Analisis Output:
User menginputkan jumlah pengulangan: 5 yang akan disimpan di variable j. Kemudian program akan melakukan perulangan for (int i=1; i<=j; i++) setelah itu program akan menjalankan seleksi kondisi if (i%2 > 0), jika sisa hasil bagi dari i dibagi 2 adalah 0 maka program akan terus berjalan dan menampilkan output, kondisi selain i dibagi 2 adalah 0 akan dilewat.

2.5         Latihan / Post Test
1.      Buatlah program untuk menjumlahkan n buah data, dengan n merupakan masukan dari piranti masukan kemudian hitunglah rata-ratanya.
Kode Program:
package modul4;
import java.util.Scanner;
public class PostTest_01 {
    public static void main (String[]args){
        Scanner sc=new Scanner (System.in);
        float n;
        float data;
        float jml=0;
        float rerata;
       
        System.out.print("Masukan banyaknya data : ");
        n=sc.nextFloat();
        System.out.println("===============================");
        for (int i=1; i<=n; i++)
        {
            System.out.print("Nilai ke-"+(i)+" : ");
            data=sc.nextFloat();
            jml=jml+data;
        }
        rerata=jml/n;
        System.out.println("===============================");
        System.out.println("Jumlah seluruh nilai : "+jml);
        System.out.println("Rerata : "+rerata);
    }
}

Output:



2.      Buatlah program untuk menjumlahkan n buah data, tetapi yang dijumlahkan hanya data ganjil.
 Kode Program:
package modul4;
import java.util.Scanner;
import java.io.*;
public class PostTest_02 {
    public static void main (String[]args){
        Scanner in=new Scanner (System.in);
    BufferedReader br=new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
       double n, data[], jml=0;
       data=new double[50];
       
        System.out.print("Masukan banyaknya data : ");
        n=in.nextDouble();
        System.out.println("==========================================");
        for (int i=1; i<=n; i++)
        {
            System.out.print("Nilai ke-"+i+" : ");
            data[i]=in.nextDouble();
        }
        for (int i=1; i<=n; i++)
        {
        if (data[i]%2==0)
            continue;
        jml=jml+data[i];
        }
            System.out.println("==========================================");
            System.out.printf("Penjumlahan dari semua data ganjil : %.2f",jml);
            System.out.print("\n");
    }
}

Output:











KESIMPULAN

Perulangan artinya mengulangi eksekusi blok program tertentu sampai tercapai kondisi untuk menghentikannya. Setiap perulangan memiliki empat bagian: inisialisasi, badan program, iterasi, dan terminasi.
Perulangan ada 3 macam, yaitu : while, do-while, dan for
·    While : Perulangan while digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya tidak diketahui dengan pasti.
·     Do-While : Hampir sama dengan while hanya saja kondisi atau termination berada di akhir blok perulangan.
·         For : Perulangan for digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya sudah diketahui




DAFTAR PUSTAKA
Buku Modul Bahasa Pemrograman 1
Aam Stamrotul Puadah, di http://aampuadah.blogspot.com/2017/11/modul-4.html, diakses 22 November 2019 pukul 17.13
Trisna Roshinta, Materi Perulangan (Looping) For, While, Do While, di http://realinformatics.blogspot.com/2016/10/materi-perulangan-looping-for-while-do.html , diakses 22 November 2019 pukul 17.44

Tidak ada komentar:

Posting Komentar