LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL 4
“Statement Perulangan”
DOSEN PENGAMPU:
DEDE
IRAWAN, M.KOM.
DISUSUN OLEH:
FARADILA
SUHAEFI
20180910003
SISTEM
INFORMASI 2018 A
FAKULTAS KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas kasih dan sayang-Nya memberikan pengetahuan, kemampuan dan
kesempatan kepada penyusun sehingga mampu menyelesaikan tugas ini. Penyusunan makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah praktikum bahasa
pemrograman 1 modul 4.
Penyusun
menyadari, dalam penulisan makalah ini masih ada kemungkinan kekurangan-kekurangan karena keterbatasan
kemampuan penyusun, untuk itu masukan yang bersifat membangun akan sangat
membantu penyusun untuk semakin membenahi kekurangannya.
Ucapan
terima kasih tidak lupa saya haturkan
kepada dosen pembimbing mata kuliah ini yaitu Bapak Dede Irawan, M.Kom , semoga makalah ini dapat berguna
sebagai karya dari kita dan untuk semua. Amiin….
Penyusun
Kuningan, 22 November
2019
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB 2 ISI
2.1 Pengertian perulangan
2.2 Macam –
macam perulangan
2.3 Pre Test
2.4 Hasil Praktikum
2.5 Latihan / Post Test
KESIMPULAN
DAFTAR
PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Hampir
setiap program yang kompleks mutlak memerlukan suatu perulangan. Tujuan
perulangan disini adalah untuk mengulang statement atau blok statement berulang
kali sesuai sejumlah batasan yang ditentukan
pemakai. Dalam makalah ini akan memberikan gambaran konsep
dasar dari pengertian diatas. Terdapat tiga macam statement perulangan yang
dapat digunakan yaitu statement FOR,
statement DO-WHILE, dan statement WHILE. Masing-masing statement digunakan pada jenis
perulangan yang berbeda, meski untuk menyelesaikan sebuah kasus, statement
perulangan dapat diganti dengan statement perulangan yang lain.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan perulangan ?
2.
Apa saja macam-macam perulangan ?
3.
Bagaimana kode program dari pre test ?
4.
Bagaimana hasil dari praktikum dan analisisnya ?
5.
Bagaimana program dari latihan / pos test ?
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan
makalah ini agar mahasiswa mampu menerapkan perintah perulangan ke dalam
program secara benar.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Percabangan
Perulangan artinya
mengulangi eksekusi blok program tertentu sampai tercapai kondisi untuk
menghentikannya. Setiap perulangan memiliki empat bagian: inisialisasi, badan
program, iterasi, dan terminasi.
·
Inisialisasi
Inisialisasi adalah tahap dimana
kita memberi pengenalan atau memberi nilai pada sebuah inisial ata variabel
tertentu yang akan kita gunakan dalam perulangan. Tahap ini dialkukan sebelum
memasuki perulangan. Contoh : int i =0;
·
Proses /
Badan Program
Tahap proses terjadi di dalam bagian
perulangan yang berisi semua proses yang perlu untuk dilakukan sebauah
perulangan.
·
Iterasi
Iterasi adalah suatu kondisi dimana
terdapat sebuah metode agar perulangan dapat terus berjalan. Iterasi terjadi di
dalam perulangan.
·
Terminasi
Terminasi adalah suatu kondisi yang
digunakan untuk menghentikan perulangan. Terminasi sangat dibutuhkan dalam
perulangan. Mengapa demikian? Karena jika tidak adanya terminasi maka perulangan
akan terus mengulang dan hasilnya akan terjadi infinite-loop yaitu perulangan
yang akan berhenti.
Dengan adanya perulangan maka pembuat program atau programmer tidak
perlu menulis kode
program yang sama berkali – kali dan
juga perulangan membuat program lebih singkat karena
kode yang digunakan diminimalkan.
2.2
Macam – Macam Perulangan
Java memiliki tiga macam bentuk perulangan, yaitu:
2.2.1
While
Pernyataan while digunakan untuk melakukan perulangan
dengan menentukan kondisi yang menyebabkan perulangan dihentikan. Perulangan while
juga digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya tidak diketahui dengan
pasti.
Statement
while digunakan untuk melakukan proses perulangan statement atau blok statement
terus-menerus selama kondisi ungkapan logika pada While masih bernilai logika
benar (true).
[initializion;]
while
(termination) {
body;
[iteration;]
}
|
2.2.2
Do-While
Perulangan do-while digunakan untuk mengulang statement atau blok statement sampai kondisi yang
diseleksi pada while tidak
terpenuhi
(false).
[initializion;]
do
{
body;
[iteration;]
} while (termination)
|
Perulangan do-while ini mirip dengan bentuk while,
perbedaan utamanya terletak pada pengecekan kondisi (true atau false) dilakukan
pada bagian akhir sehingga pernyataan yang ada di dalam blok perulangan akan
dieksekusi minimal satu kali, sekalipun eksekusi do-while pertama kali
menemukan kondisi bernilai false.
.
2.2.3
For
Perulangan for digunakan untuk melakukan perulangan
dengan menentukan kondisi perulangan dan pernyataan increament / decrement. Perulangan
for digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya sudah diketahui dengan pasti.
for (inizialition;
termination; iteration) {
body;
}
|
2.3
Pre Test
Jelaskan persamaan dan perbedaan dari tiga macam
bentuk perulangan yang ada dilengkapi dengan contoh singkat.
·
Persamaan
Semua jenis perulangan baik itu for, while, ataupun
do-while memiliki empat bagian yaitu inisialisasi, badan program, iterasi, dan
terminasi.
·
Perbedaan
Ø
While -> kondisi atau
termination berada di awal blok perulangan. Metode perulangannya pun dilakukan
dengan cara kondisi dicek terlebih dahulu, jika kondisi bernilai true maka
program dijalankan dan tapi jika kondisi bernilai false maka program
dihentikan.
public class
pretest_while {
public static
void main (String[]args) {
int batas=0;
while (batas < 20) {
System.out.print(batas);
System.out.print(" ");
batas++; }
}
}
|
Ø
Do-While -> kondisi atau termination berada di akhir blok perulangan.
Metode perulangannya pun dilakukan dengan cara program dijalankan terlebih
dahulu, baru kondisi dicek. Sehingga pernyataan yang ada di dalam blok perulangan akan dieksekusi
minimal satu kali, sekalipun eksekusi do-while pertama kali menemukan kondisi
bernilai false.
public class Pretest_dowhile {
public static void main (String [] args) {
int batas=0;
do {
System.out.print(batas);
batas++;
System.out.print(" ");
} while (batas
< 20);
}
}
|
Ø
For -> perulangan yang
batasannya sudah diketahui
public static void main (String
[] args) {
for (int i=1; i<=7; i++) {
System.out.println
(" "+i); }
}
}
|
2.4
Hasil Praktikum dan
Analisisnya
2.4.1
Latihan 1
Buat project baru dengan nama Modul_04, tambahkan satu
buah java class, beri nama Latihan_01.java dan lengkapi kode programnya seperti
berikut:
Kode Program:
package
modul4; // folder yang membungkus class java Latihan_1
import
java.io.*; // import library
public class
Latihan_1 { // nama
class atau deklarasi nama program
public static
void main(String[]args) throws IOException { // main method
BufferedReader br = new BufferedReader (new
InputStreamReader (System.in)); // mendeklarasikan objek br dengan tipe data BufferedReader
int banyak; // deklarasi variable banyak dengan tipe data
integer
System.out.print("Jumlah
pengulangan : "); //
pencetak statement
banyak=Integer.parseInt
(br.readLine()); /*untuk
mengambil inputan dari keyboard an menyimpannya di variable banyak*/
while (--banyak >= 0) { // kondisi perulangan
System.out.println(banyak+1); // pencetak statement
}
}
}
|
Output:
Analisis Output:
User menginputkan jumlah pengulangan : 3 yang akan
disimpan di variabel banyak. Kemudian program akan mengecek kondisi while (--banyak >= 0), karena 3
merupakan bilangan lebih dari 0 (true) maka program akan melakukan eksekusi perulangan.
Kemudian program akan mencetak output menggunakan System.out.println(banyak+1); kenapa hasil outputnya 3, 2, 1 ?
Karena kondisinya --3 (3 dikurangi
1) dan ini dilakukan berulang sampai kondisi bernilai false.
2.4.2
Latihan 2
Tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_02.java
dan lengkapi kode programnya seperti berikut:
Kode Program:
package
modul4; // folder yang membungkus class java Latihan_2
import
java.io.*; // import library
public class
Latihan_2 { // nama
class atau deklarasi nama program
public static
void main(String[]args) throws IOException { // main method
BufferedReader br = new BufferedReader
(new InputStreamReader (System.in)); // mendeklarasikan objek br dengan tipe data
BufferedReader
int banyak; // deklarasi variable banyak dengan tipe data
integer
System.out.print("Jumlah
pengulangan : "); // pencetak statement
banyak=Integer.parseInt(br.readLine()); /*untuk mengambil inputan dari keyboard an menyimpannya di variable
banyak*/
do {
System.out.println(banyak); // pencetak statement
} while (--banyak > 0); // kondisi perulangan
}
}
|
Output:
User menginputkan jumlah pengulangan: 4 yang akan
disimpan di variable banyak. Kemudian program akan dijalankan terlebih dahulu
baru mengecek kondisi while (--banyak
> 0); // walaupun nantinya kondisi
akan bernilai false program akan tetap dieksekusi minimal satu kali. Setelah
melakukan eksekusi pengulangan maka program akan menampilkan output menggunakan
System.out.println(banyak);.
2.4.3
Latihan 3
Tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_03.java
dan lengkapi kode programnya seperti berikut:
Kode Program:
package
modul4; // folder yang membungkus class java Latihan_3
import
java.io.*; // import library
public class
Latihan_3 { // nama
class atau deklarasi nama program
public static
void main(String[]args) throws IOException { // main method
BufferedReader br = new
BufferedReader (new InputStreamReader (System.in)); // mendeklarasikan objek br dengan tipe data
BufferedReader
int j; // deklarasi variable j dengan tipe data integer
System.out.print("Jumlah
pengulangan : "); //
pencetak statement
j=Integer.parseInt(br.readLine());/*untuk mengambil inputan dari
keyboard an menyimpannya di variable j*/
for (int i=1; i<=j; i++) { //parameter atau kondisi perulangan
if (i%2 > 0) //percabangan atau seleksi kondisi
continue; /*melanjutkan perulangan setelah melewati kondisi
selain if */
System.out.println(i); // pencetak statement
}
}
}
|
Output:
User menginputkan jumlah pengulangan: 5 yang akan
disimpan di variable j. Kemudian program akan melakukan perulangan for (int i=1; i<=j; i++) setelah itu
program akan menjalankan seleksi kondisi if
(i%2 > 0), jika sisa hasil bagi dari i dibagi 2 adalah 0 maka
program akan terus berjalan dan menampilkan output, kondisi selain i dibagi 2 adalah
0 akan dilewat.
2.5
Latihan / Post Test
1.
Buatlah program untuk menjumlahkan n
buah data, dengan n merupakan masukan dari piranti masukan kemudian
hitunglah rata-ratanya.
Kode Program:
package
modul4;
import
java.util.Scanner;
public class
PostTest_01 {
public static void main (String[]args){
Scanner sc=new Scanner (System.in);
float n;
float data;
float jml=0;
float rerata;
System.out.print("Masukan
banyaknya data : ");
n=sc.nextFloat();
System.out.println("===============================");
for (int i=1; i<=n; i++)
{
System.out.print("Nilai
ke-"+(i)+" : ");
data=sc.nextFloat();
jml=jml+data;
}
rerata=jml/n;
System.out.println("===============================");
System.out.println("Jumlah
seluruh nilai : "+jml);
System.out.println("Rerata :
"+rerata);
}
}
|
Output:
Kode Program:
package
modul4;
import
java.util.Scanner;
import
java.io.*;
public class
PostTest_02 {
public static void main (String[]args){
Scanner in=new Scanner (System.in);
BufferedReader br=new BufferedReader
(new InputStreamReader (System.in));
double n, data[], jml=0;
data=new double[50];
System.out.print("Masukan
banyaknya data : ");
n=in.nextDouble();
System.out.println("==========================================");
for (int i=1; i<=n; i++)
{
System.out.print("Nilai
ke-"+i+" : ");
data[i]=in.nextDouble();
}
for (int i=1; i<=n; i++)
{
if (data[i]%2==0)
continue;
jml=jml+data[i];
}
System.out.println("==========================================");
System.out.printf("Penjumlahan dari semua data ganjil :
%.2f",jml);
System.out.print("\n");
}
}
|
Output:
KESIMPULAN
Perulangan artinya
mengulangi eksekusi blok program tertentu sampai tercapai kondisi untuk
menghentikannya. Setiap perulangan memiliki empat bagian: inisialisasi, badan
program, iterasi, dan terminasi.
Perulangan ada 3 macam,
yaitu : while, do-while, dan for
· While : Perulangan while digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya
tidak diketahui dengan pasti.
· Do-While : Hampir sama dengan while hanya saja kondisi atau termination
berada di akhir blok perulangan.
·
For : Perulangan for digunakan apabila batasan atau nilai akhirnya sudah
diketahui
DAFTAR PUSTAKA
Buku Modul Bahasa
Pemrograman 1
Aam
Stamrotul Puadah,
di http://aampuadah.blogspot.com/2017/11/modul-4.html,
diakses 22 November 2019 pukul 17.13
Trisna Roshinta, Materi Perulangan (Looping)
For, While, Do While, di http://realinformatics.blogspot.com/2016/10/materi-perulangan-looping-for-while-do.html
, diakses 22 November 2019 pukul 17.44
Tidak ada komentar:
Posting Komentar